Membangun Keunggulan Kompetitif HiFi Smoothie Boost sebagai Pioneer Katering Makanan Sehat di Tabalong

Studi SWOT, BMC, dan Blue Ocean Strategy

Penulis

  • Muadzah Muadzah Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Hanin Fitria Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Rachmah Nanda Kartika Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Kudus

Kata Kunci:

Blue Ocean Strategy, SWOT, BMC, Strategi Bisnis

Abstrak

Gaya hidup sehat semakin digemari di Kota-Kota besar, bahkan saat ini sudah merambah ke Kabupaten-Kabupaten. Hal tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, alami, dan real food. HiFi Smoothie Boost merupakan salah satu pelaku usaha di Kabupaten Tabalong yang memproduksi makanan dan minuman sehat dan cukup eksis. Perkembangan usaha makanan dan minuman atau catering sehat cukup signifikan, hal tersebut memunculkan tantangan sendiri dalam persaingan bisnis. Oleh karena itu pelaku usaha perlu strategi untuk tetap eksis dan mampu berkompetisi dengan pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi yang tepat dalam pengembangan bisnis. Metode penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah BMC, SWOT dan Blue Ocean Strategy. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung dan studi literatur. Dari hasil penelitian ini, objek penelitian cukup eksis dan menjadi pioneer dalam bisnis serupa. Untuk mempertahankan kinerjanya, dirumuskan beberapa strategi menggunakan SWOT dan Blue Ocean Strategy. Strategi yang diusulkan yaitu: 1) Meningkatkan konsistensi pembuatan konten edukasi, 2) Lebih sering mengikuti bazar UMKM, 3) Menambah Varian rasa untuk produk Cold Pressed Juice dan Non Dairy Milk, 4) Membuat varian produk yang bisa menjangkau pasar luar Kota, 5) Menambah varian produk dessert sehat, 6) IG Live atau webinar kesehatan, 7) Membuat Jadwal Menu Harian dan 8) Mengurangi Sistem Pre-Order dan mulai beralih ke menu harian.

Referensi

Ardiana, L., Muadzah, F., Fitria, H., Annas, R. A., & Sya’id, N. (2025). Penerapan manajemen strategi blue ocean berbasis SWOT pada UMKM usaha bakso prasmanan Queen di Kudus. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 6(1), 10–15.

Arifiya, P. T. N., Hildayati, R. A., Nugroho, N. M., & Muadzah. (2024). Analisis strategi pemasaran Klinik X berdasarkan metode SWOT. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 5(1), 29–35.

Awladthani, F. S., Porkodi, S., & Pandurengan, R. S. A. V. (2023). A systematic literature review of the adoption of a blue ocean strategy by small and medium enterprises for sustainable growth. Journal of Sustainability Science and Management, 18(2), 197–231. https://doi.org/10.46754/jssm.2023.02.014

Hamdilah, S. R. N., Maulidian, M., & Baksh, R. (2021). Pengembangan model bisnis peternakan susu sapi perah melalui perspektif blue ocean (Studi Kasus: Peternakan Sapi Perah Cibugary di Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur). Jurnal Bioindustri, 4(1), 25–40.

Iman, N., Hadi, A. S., Rozaq, S. U., Thomas, M. H., & Muadzah. (2024). Penerapan manajemen strategi menggunakan analisa SWOT pada usaha Seblak ABC di Kudus. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 5(1), 36–42.

Jufriyanto, M. (2023). Strategi pemasaran pada UMKM Ikhtiar dengan analisis SWOT dan weighted aggregated sum product assessment (WASPAS). JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 10(2), 145. https://doi.org/10.24853/jisi.10.2.145-156

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management.

Muadzah, & Rustam Sidiq. (2022). Penilaian kualitas layanan PLUT KUMKM Tabalong terhadap UMKM mitra dengan metode service quality dan importance performance analysis. SENASTIKA, 2022, 9–21.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2013). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Wiley&Sons.

Perkasa, D. P. W. (2024). Rencana strategi bisnis menggunakan pendekatan blue ocean strategy di UMKM Neverland Coffee & Boardgame. Universitas Islam Indonesia.

Purbasani, G. B., Yusuf, M., & Unwanullah, A. (2021). Strategi pemasaran home industri makanan ringan (Studi kasus keripik gerus desa Prunggahan Wetan Kec. Semanding Kab. Tuban).

Puspitasari, D., & Novasari, L. (2019). Pengembangan usaha melalui penerapan blue ocean strategy (BOS) pada UKM Batik Zie Semarang. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(3), 31–40.

Putri, M. A., Muadzah, M., Zaki Abdullah Alfatah, & Anna Nita Kusumawati. (2021). Perencanaan bisnis oleh-oleh dan agrowisata di Kabupaten Grobogan menggunakan business model canvas. Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 2(1), 12–21.

Rizkitania, A., Auliyah, A., & Wani, Y. A. (2022). Faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap katering sehat. Media Gizi Indonesia, 17(2), 213–223. https://doi.org/10.20473/mgi.v17i2.213-223

Shafira, N. P., & Muadzah. (2023). Analisa bisnis jus kekinian “Hifi Smoothie Boost” menggunakan business model canvas. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 7–15.

Turki, T. A. M., & Khemakhem, D. R. (2022). The implications of the blue ocean strategy on marketing performance: An analytical study of the opinions of a sample of workers in Asiacell Telecom in Iraq. 6(5), 1945–1957.

Zainuddin, Z., Hasibuan, S., & Kusumah, L. H. (2024). Strategi peningkatan produktivitas industri kecil dan menengah (IKM) pada sentra industri furnitur di Kabupaten Morowali menggunakan metode (SWOT-PDCA). JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 11(1), 9. https://doi.org/10.24853/jisi.11.1.9-20

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Muadzah, M., Fitria, H. dan Kartika, R. N. . (2025) “Membangun Keunggulan Kompetitif HiFi Smoothie Boost sebagai Pioneer Katering Makanan Sehat di Tabalong: Studi SWOT, BMC, dan Blue Ocean Strategy”, Jurnal Sains dan Aplikasi Keilmuan Teknik Industri (SAKTI), 5(1), hlm. 47–60. Tersedia pada: https://sakti.machung.ac.id/index.php/jtiumc/article/view/153 (Diakses: 13 Juli 2025).

Terbitan

Bagian

Articles