PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PAKAN BURUNG PADA IKM SINAR MAS MALANG DENGAN METODE SWOT DAN FMEA

Authors

  • Andrianus Herman Susanto Universitas Ma Chung
  • Purnomo
  • Novenda Kartika Putrianto

DOI:

https://doi.org/10.33479/jtiumc.v2i1.21

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk merancang strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas produksi pakan burung pada IKM Sinar Mas. Pada penelitian ini menggunakan metode SWOT dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). IKM(industri kecil menengah) memiliki permasalahan selama menghadapi pandemi seperti saat ini yaitu covid-19, maka dari itu akan dilakukan perbaikan agar dapat mempertahankan pemasaran dan meningkatkan kualitas produk supaya bisa untuk meningkatkan jumlah penjualan produk yaitu dengan melakukan perbaikan dalam hal strategi pemasaran dan kualitas produk. Setelah dilakukan perhitungan dari metode SWOT dan FMEA, maka akan mendapatkan hasil usulan alternatif strategi pemasaran yang mampu untuk mendukung kelangsungan bagi IKM terlebih dengan kondisi yang sekarang tengah dihadapi oleh semua para pelaku usaha IKM. Dalam menggumpulkan data akan menggunakan metode wawancara dan kuesioner, lalu akan dilakukan pengambilan data IKM selama 1 tahun terakhir dari bulan April 2021 hingg bulan April 2022. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui dan menetapkan bauran pemasaran, merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan konidisi yang dihadapi oleh IKM Sinar Mas pada saat ini pandemi covid-19, dan merancang usulan perbaikan yang tepat untuk mengaplikasikan metode FMEA pada kualitas produk IKM Sinar Mas. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mendapatkan strategi alternatif untuk pemasaran dan usulan perbaikan yang bisa diimplementasikan ke IKM Sinar Mas.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles